Cek Fakta: Rizieq Shihab Ditangkap Polisi, Benarkah?

  • Whatsapp
Rizieq Shihab Ditangkap Polisi
Foto : Istimewa

Dailydetik.com – Beredar sebuah foto yang diklaim memperlihatkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Pada foto, terlihat seolah Rizieq Shihab digelandang polisi dengan tangan diborgol dan mengenakan baju tahanan berwarna orange.

Foto itu diunggah akun Facebook Joko Sumantri. Pada foto yang beredar disertai narasi: “PETAMBURAN POST. Berhubungan seks dengan kambing, pria asal Yaman ditangkap polisi”. Pula, pemilik akun menambahkan keterangan pada ungggahan fotonya sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

“Astaga… Apa yg kau perbuat zik…. hik hik hik. Sungguh MEMALUKAN. ”

Rizieq Shihab Ditangkap Polisi
Foto : Facebook

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim pada foto bahwa Imam Besar FPI Rizieq Shihab ditangkap polisi adalah salah. Faktanya, foto yang beredar telah disunting.

Dilansir situs periksa fakta Turnbackhoax.id, foto aslinya adalah foto Jonru Ginting dengan baju tahanan dan celana pendek sedang digiring oleh penyidik Polda Metro Jaya pada tahun 2017. Jonru Ginting diketahui terbukti bersalah terkait ujaran kebencian pada 29 September 2017.

“Gambar tersebut merupakan hasil suntingan atau editan. Bukan Habib Riziq , gambar aslinya merupakan foto Jonru Ginting dengan baju tahanan dan celana pendek sedang digiring oleh penyidik Polda Metro Jaya pada tahun 2017.” tulis Turnbackhoaks.id pada laporannya, 12 Juli 2020.

Melalui reverse image, foto identik ditemukan pada portal JPNN.com, melalui artikel berjudul “Hmmm, Masih Ada Tiga Laporan Polisi Menanti Jonru” dimuat pada Selasa, 03 Oktober 2017. Foto serupa juga dimuat oleh Merderka.com melalui artikel berjudul “Butuh barang bukti, Polisi belum tutup akun Facebook milik Jonru” tayang pada Jumat, 6 Oktober 2017.

Rizieq Shihab Ditangkap Polisi
Foto : Istimewa

Pula, tidak ada pemberitaan terkait informasi tentang pria asal Yaman berhubungan seks dengan kambing ditangkap polisi. Narasi pada foto yang beredar tidak berdasar.

Rizieq Shihab Ditangkap Polisi
Foto : Istimewa

Kesimpulan:

Klaim pada foto bahwa Imam Besar FPI Rizieq Shihab ditangkap polisi adalah salah. Faktanya, foto yang beredar telah disunting.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis Misleading Content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Referensi:

https://turnbackhoax.id/2020/07/12/salah-gambar-pria-asal-yaman-berhubungan-seks-dengan-kambing-ditangkap-polisi/

https://www.jpnn.com/news/hmmm-masih-ada-tiga-laporan-polisi-menanti-jonru

https://www.merdeka.com/peristiwa/butuh-barang-bukti-polisi-belum-tutup-akun-facebook-milik-jonru.html

https://archive.md/P9nOm

Pos terkait

Mungkin Anda Suka