Cek Fakta: Heboh Kabar Pria Ditinggal Kawin Buang Duit Rp300 Juta di Jalanan

  • Whatsapp
Menghamburkan Uang
Foto : Istimewa

Dailydetik.com – Beredar di media sosial Facebook beberapa foto yang memperlihatkan sejumlah uang kertas berserakan di jalan raya. Pada salah satu foto terlihat seorang polisi tengah memungut uang yang berserakan tersebut.

Diklaim, uang Rp300 juta yang dihamburkan tersebut milik seorang pria yang diduga depresi akibat ditinggal kekasihnya menikah.

Bacaan Lainnya

Akun Facebook dengan nama Kontraktor Sipil (fb.com/abi.alghifarii) mengunggah beberapa foto dengan narasi sebagai berikut:

“Di duga depresi karna di tinggal pacarnya nikah , seorang pria Baru pulang dari jepang menuju Kronjo, membuang uang tabunga nya senilai 300 juta. Uang pecahan 50.rb berserakan d jalan. Seorang Bapak bapak sampe dapat 7 juta lebih,” tulis akun tersebut.

Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto-foto seorang pria yang pulang dari Jepang membuang uang tabungannya Rp300 juta karena depresi akibat ditinggal pacarnya menikah adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto-foto itu tidak menggambarkan peristiwa seorang pria yang baru saja pulang kampung usai bekerja di Jepang dan membuang uang Rp 300 juta ke jalan raya.

Dikutip dari Liputan6.com dan Medcom.id, foto-foto yang dibagikan itu merupakan dua peristiwa yang berbeda. Foto yang memperlihatkan seorang personel polisi tampak memungut uang kertas pecahan 50 ribu terkait peristiwa dua orang pelaku perampokan yang terjatuh setelah upaya pelariannya digagalkan warga dan polisi.

Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Pondok Kapur, Sawahlunto, Sumatera Barat pada April 2018 lalu.

Foto lain terkait berhamburnya uang sejumlah Rp 86,2 juta di jalan poros Paser-Batulicin (Kalsel) Kecamatan Pasir Belengkong pada Oktober 2016 lalu. Saat itu belum dipastikan uang itu sengaja atau tidak dijatuhkan oleh seorang pengendara motor.

Selain itu, tidak ditemukan informasi valid mengenai seorang pria yang depresi aibat ditinggal nikah oleh pacarnya hingga membuang uang Rp300 juta di media manapun.

Kesimpulan

Foto-foto yang beredar dengan klaim seorang pria yang baru saja pulang dari Jepang dan membuang uang Rp300 juta ke jalan raya akibat depresi ditinggal pacarnya menikah, tidaklah benar.

Pos terkait

Mungkin Anda Suka