Viral Film “Tilik” Bu Tejo, Ternyata Ini 5 Manfaat Sehat Bergosip

  • Whatsapp
Film Tilik
Foto : Youtube

Dailydetik.com – Film pendek “Tilik” tengah menjadi perhatian publik, terutama karakter Bu Tejo yang diperankan oleh Siti Fauziah Saekhoni.

Film tersebut menggambarkan kehidupan ibu-ibu di kampung yang suka bergosip ketika berkumpul. Dalam hal ini, sosok Bu Tejo sangatlah kuat sebagai orang yang nyinyir dan memancing gosip.

Bacaan Lainnya

Pada film “Tilik” tersebut, ibu-ibu kampung yang hendak menjenguk bu lurah di rumah sakit asyik membicarakan seorang perempuan bernama Dian.

Tak bisa dipungkiri, bahwa cerita yang digambarkan melalui film itu sesuai dengan kehidupan nyata ibu-ibu di Indonesia. Rata-rata perempuan memang senang berkumpul untuk bergosip atau rumpi.

Bergosip untuk sesuatu hal yang belum pasti memang tidak baik. Namun, dilansir dari Psychology Today, adapun lima manfaat dari hobi gosip antara lain:

1. Mendorong kerja sama

Para peneliti di Universitas Stanford menemukan kebiasaan bergosip membuat seseorang lebih banyak memahami karakter individu. Sehingga mereka lebih mengenal karakter individu yang berbeda sekaligus membangkitkan kepercayaan.

2. Mengurangi stres

Peneliti mengungkapkan kebiasaan bergosip mengurangi kecemasan dan stres. Sebab, mereka bisa belajar dari perliku buruk seseorang yang buruk dan dijadikan bahan gosip.

3. Mengenali kelemahan diri

Semua bahan gosip tidak selalu berunsur negatif, tetapi mereka juga bisa berbicara sisi positifnya. Pembahasan ini bisa memberi mereka motivasi tak langsung dan berusaha mengenali kelemahan diri sendiri.

4. Mendorong pikiran realistis

Kebiasaan bergosip juga mendorong kemampuan seseorang untuk berpikir lebih realistis. Selain itu, bergosip juga bisa meningkatkan kewaspadaan dengan mencari kebenaran sebelum menuduh seseorang.

5. Panjang umur

Bergosip membantu mengeluarkan pikiran negatif sehingga tubuh lebih bugar. Kebiasan ini juga membuat Anda memiliki hubungan dengan orang lain yang bisa bertahan lama, lebih bahagia dan lebih sehat.

Pos terkait

Mungkin Anda Suka