Pesawat N250 Gatotkaca Kebanggaan Indonesia Kini Dimuseumkan

  • Whatsapp
Pesawat N250 Gatotkaca
Foto : Istimewa

Dailydetik.com – N250 Gatotkaca, Pesawat pertama buatan Indonesia sudah tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, pada Jumat (21/8/2020). Pesawat tersebut dibawa melalui jalur darat dari PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan pesawat N250 Gatotkaca merupakan pesawat buatan Indonesia pertama yang digagas oleh BJ Habibie.

Bacaan Lainnya

“Penyerahan ini sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI untuk ditempatkan di Muspusdirla,” ujar Manager Komunikasi Perusahaan dan Promosi PT DI Adi Prastowo seperti dikutip dari kompas.com.

Tokoh Penting

Pesawat N250 Gatotkaca
Foto : Istimewa

Nama N250 diambil dari beberapa kultur Indonesia, huruf “N” yang diartikan Nusantara, sedangkan angka 250 menunjukkan kapasitas penumpang, yaitu 2 mesin dan 50 penumpang. Sementara itu Gatotkaca adalah nama yang diberikan Presiden Soeharto untuk prototipe pertama N250.

Pesawat N250 Gatotkaca punya sosok penting dibalik pembuatannya adalah BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menristek atau Kepala Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Pesawat N250 PA01 Gatotkaca merupakan pesawat pertama hasil dari Grand Strategy tahap 3 yang dicanangkan BJ Habibie, yakni Tahap Pengembangan Teknologi.

Diproduksi 4 Unit

Dilansir dari Kompas.com, Plt Sekretaris Perusahaan PT Dirgantara Indonesia Irlan Budiman mengatakan awalnya pesawat itu diproduksi sebanyak 4 unit saja.

Pesawat rancangan BJ Habibie dengan nomor registrasi PK-XNG itu terbang perdana pada 10 Agustus 1995. Pembuatan pesawat tersebut dibiayai oleh negara sehingga pesawat N250 menjadi aset Indonesia. Keberhasilan terbang perdana N250 pada 10 Agustus 1995 ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang diperingati setiap tahunnya.

Teknologi

Pesawat itu merupakan pesawat turboprop yang menggunakan teknologi mutakhir, antara lain fly by wire system, full glass cockpit with engine instrument and crew alerting system (EICAS). Teknologi fly-by-wire (FBW) yang digunakan pada N250 merupakan yang pertama untuk pesawat berukuran tersebut.

Pos terkait

Mungkin Anda Suka