Komnas PA: Hentikan Penggunaan Istilah ‘Anjay’

  • Whatsapp
Kata Anjay
Ilsutrasi (Istimewa)

Dailydetik.com – Istilah ‘anjay’ tengah ramai menjadi perbincangan dan memicu polemik. Banyak yang menganggap penggunaan istilah ini merupakan hal wajar, padahal maknanya cukup buruk dan sangat tidak pantas jika sampai ditiru anak-anak.

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bereaksi atas persoalan ini. Lembaga negara yang dibentuk untuk menjadi penolong dan pelindung anak itu meminta masyarakat tidak lagi menggunakan istilah ‘anjay’.

Bacaan Lainnya

Dalam keterangan resminya, Komnas PA menyatakan penggunaan istilah ‘anjay’ harus dilihat dari berbagai sudut pandang, tempat dan makna. Jika digunakan sebagai pengganti ucapan salut dan mengandung makna kekaguman dan tidak menimbulkan ketersinggungan, sakit hati dan bullying.

Meski demikian, ada istilah ‘anjay’ yang dapat diartikan dengan sebutan salah satu binatang. Jika merujuk pada hal ini, maka istilah ‘anjay’ digunakan sebagai sebutan untuk merendahkan martabat seseorang.

“Istilah tersebut adalah salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pidana,” demikian keterangan tertulis Komnas PA ditandatangani Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal, Arist Merdeka Sirait dan Dhanang Sasongko.

Istilah ‘anjay’ tidak menjadi masalah jika tidak menimbulkan kemarahan ketika diucapkan seseorang kepada yang lain. Atau jika disambut dengan gelak tawa.

“Namun, jika itu dilakukan kepada seseorang yang tidak dikenal dan atau lebih dewasa, maka istilah ‘anjay’ atau ‘anjing’ bisa menjadi masalah dan tidak pidana kekerasan,” demikian lanjut keterangan tersebut.

Kata Anjay
Foto : Istimewa

Lebih lanjut, jika unsur kekerasan terpenuhi, pihak yang mengucapkan istilah tersebut dapat dijerat pidaha. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Lebih baik jangan menggunakan kata ‘anjay’. Ayo kita hentikan sekarang juga!!!” demikian lanjut pernyataan tersebut.

Pos terkait

Mungkin Anda Suka