Viral Sosok Mahasiswi Pendemo UU Cipta, Orasi Indonesia Negara ‘Pancasalah’

  • Whatsapp
Mahasiswi dalam orasi Pancasalah
Foto : Instagram

Dailydetik.com – Unjuk rasa penolakan UU Cipta Kerja terjadi di berbagai kota di Indonesia. Selain elemen buruh, para mahasiswa juga turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi menyuarakan penolakan pada Omnibus Law itu.

Salah satu aksi demonstrasi di Makassar menjadi perhatian netizen. Di kota itu muncul sosok mahasiswi yang tampak menonjol saat berorasi menggunakan pengeras suara.

Bacaan Lainnya

Dalam video orasi yang diunggah oleh akun @makassar_iinfo, mahasiswi ini mengatakan kini Indonesia bukan lagi negara Pancasila, melainkan negara pancasalah.

“Tendangan dibalas tendangan, darah dibalas darah. Negara kita yang katanya negara Pancasila, sekarang jadi negara ‘pancasalah’,” kata mahasiswi tersebut.

Dalam orasinya, si mahasiswa tak lupa menyebutkan lima poin dalam Pancasalahnya.

1. Ketuhanan yang maha hormat
2. Kemanusiaan yang adil bagi para birokrat
3. Persatuan para investor
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh khikmat penindasan dalam permusyawaratan diktatornya
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat kelas atas.

Disebut Preman Kampus

Dalam cuitan Twitternya, salah seorang netizen menimpali dengan mengaku bahwa wanita dalam video tersebut adalah senior di kampusnya.

Malahan ia juga menceritakan wanita di video ini sudah memiliki julukan preman kampus.

“Pantesan ga asing liat videonya dan auto keinget ama kejadian tahun lalu. Dia senior gue ternyata, tahun lalu pas ikutan demo juga viral gara2 di dorong2 dan di lecehin ama satpam kampus (kita nyebutnya preman kampus) tp mbaknya ngelawan balik kok strong banget amat nih orang,” ujar akun Twitter @Ririn4451.

Pos terkait

Mungkin Anda Suka