Satgas Penanganan Covid-19 : Sumut Bebas dari Zona Merah

  • Whatsapp
Sumu Zona Kuning
Foto : Istimewa

Dailydetik.com – Perbaikan kondisi pandemi Covid-19 yang menunjukkan tren yang baik terus terjadi di Sumatera Utara. Hal itu disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Senin (09/11).

“Positivity rate menunjukkan tren yang menurun, recovery rate menunjukkan tren yang meningkat, mortality rate menurun, dan Covid aktif didapat sedikit meningkat namun masih jauh lebih rendah dari akhir tahap 2 penanggulangan pandemi di Sumut,” tutur Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumut dr Whiko Irwan dalam laporan Mingguannya yang ditayangkan di YouTube ‘Humas Sumut’.

Bacaan Lainnya

Whiko menyampaikan, berdasarkan pemantauan awal Nopember 2020, Kabupaten Kabupaten/Kota di Sumatera Utara yang sebelumnya berzona merah turun ke zona orange atau risiko sedang. Sehingga kini tak ada lagi zona merah di Sumut.

“Dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut, dua kabupaten memiliki zonasi kuning atau risiko rendah, yaitu Kab. Nias dan Kab. Humbang Hasundutan. Sedangkan 31 kabupaten/kota lainnya berzonasi orange,” terang Whiko.

Dalam seminggu terakhir, tercatat penambahan 545 kasus baru di Sumut, sehingga total keseluruhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumut mencapai 13.818 orang. Sedangkan pasien sembuh meningkat 461 orang dalam sepekan, totalnya 11.303 orang.

“Angka kesembuhan per tanggal 8 Nopember 2020 sebesar 81,78 persen, meningkat 0,12 poin dari minggu sebelumnya 81,66 persen. Angka kesembuhan ini sedikit lebih rendah dari tingkat nasional yang hari ini sebesar 84,14 persen,” jelasnya.

Sementara itu, angka kematian akibat Covid-19 di Sumut kembali meningkat sebayak 0,04 poin menjadi 4.10 persen. Di mana dalam seminggu terakhir terjadi penambahan 28 kasus menjadi 566 orang.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Satgas Penanganan Covid-19 Sumut pun mengucapkan terima kasih kepada warga, instansi dan pelaku usaha yang telah menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Pos terkait