Kontroversi Video Musik Via Vallen Jiplak Penyanyi Korea

  • Whatsapp
Kontroversi Via Vallen
Foto : Instagram

Dailydetik.com – Video musik penyanyi Via Vallen telah beredar, dengan judul lagu Kasih Dengarkanlah Aku. Namun, video itu diduga sebagai plagiat atau telah menjiplak karya musik milik penyanyi Korea Selatan, IU.

Sejumlah tayangan dalam video musik Via Vallen mirip dengan adegan yang ditampilkan dalam video musik IU untuk lagunya yang berjudul Above The Time. Video milik Via pun dibanjiri komentar pedas dari netizen, terutama penggemar IU di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Lihat musik video Via Vallen sumpah kesal, bukan berarti aku tidak cinta produk lokal, tetapi itu plagiat, enggak baik, tidak patut dihargai! Benar-benar sepersis itu music videonya, enggak ngehargai original director-nya,” cuit salah satu akun di Twitter.

Selain itu, tak sedikit netizen yang mengajukan sikap tegas dari pihak pembuat video musik tersebut. Mereka meminta pihak terkait untuk mengatasi masalah plagiat itu agar tidak semakin memperburuk masalah.

Lantaran jagat dunia maya semakin panas, Ascada Musik (pihak manajemen) pun turun tangan. Mereka menjelaskan bahwa mereka tidak mengetahui adanya kesamaan karya dengan video musik milik IU.

“Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara (Chris Sinyal),” tulis manajemen.

Pihaknya menekankan bahwa sang penyanyi tidak turut andil dalam konsep video tersebut. “Artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep ide video klip,” papar Ascada Musik.

Via Vallen juga menyampaikan permohonan maaf melalui Instagram pribadinya. Kesamaan tayangan pada video music yang disebut sebagai plagiat itu diyakininya tidak disengaja.

“Aku minta maaf soal musik video terbaru aku yang ternyata memang muirip banget sama music video IU. Jujur, aku malu banget pas tahu. Aku bakal minta videonya buat di-take down,” tambahnya.

Video musik itu pun di-take down. Chris Sinyal selaku sutradara video musik itu pun menyampaikan permohonan maaf, meskipun tidak ada pengakuan tentang plagiat.

“Sesungguhnya saya juga pecinta musik Indonesia dan musik dan artis Korea. Karena saya begitu sukanya musik Korea. Akhirnya saya terinspirasi untuk saya tuangkan beberapa scene IU Above the Time sebagai referensi yang saya rasakan bagus,” akunya.

Pos terkait